Wednesday 11 April 2012

AMARAN TSUNAMI TELAH DIKELUARKAN


PALING CEPAT...OMBAK TSUNAMI DIJANGKA TIBA DI GEORGETOWN PADA JAM 9.11 PM DAN DI PORT DICKSON PADA 2.10 AM...

OMBAK setinggi 6 meter dikesan melanda Pulau Simeulue....

Amaran Tsunami untuk lautan Hindi. Lokasi pertama tsunami akan tiba: Banda Aceh (beberapa minit lagi)

Lokasi lain seperti di Myanmar, India, Thailand, Sri Lanka juga akan dilanggar dalam beberapa jam lagi. - CNN




Sebanyak 27 buah negara di kawasan Lautan Hindi telah mengeluarkan amaran tsunami susulan gempa bumi kuat yang berlaku di Aceh petang ini.

Antara negara tersebut ialah Indonesia, India, Sri Lanka, Australia, Myanmar, Thailand, Maldives, Britain, Malaysia, Mauritius, Seychelles, Pakistan, Somalia, Oman, Madagascar, Iran, UAE, Yemen, Bangladesh, Tanzania, Mozambique, Kenya, Africa Selatan dan Singapura dan beberapa negara kepulauan di Lautan Hindi.

BBC Indonesia melaporkan.., gempa dengan kekuatan 8,9 skala Richter melanda kawasan Banda Aceh dan sekitarnya sementara peringatan tsunami sudah dikeluarkan.

"Orang-orang masih panik di luar rumah dan menuju kawasan yang tinggi," tutur Munawardai Ismail, wartawan Harian Waspada di Banda Aceh kepada BBC Indonesia.


Namun tidak terlihat kerusakan yang besar di kawasan Banda Aceh.

Guncangan gempa juga dilaporkan terasa di beberapa tempat lain, seperti di Malaysia, Singapura, maupun Thailand.

Sebuah peringatan dini gempa dan tsunami dirilis oleh Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika beberapa saat menjelang pukul 16.00 WIB.

Sementara itu Kepala Pusat Data dan Informasi Badan Nasional Penanggulangan Bencana, Sutopo, mengtakan kepada BBC Indonesia pasang surut yang teramati masih norma.

"Berdasarkan data pasang surut di wilayah Aceh dan Sumut hingga saat ini normal, seperti di Sinabang, Meulaboh, Sirombu Nias, Lahewa Nias Utara dan Singkil Aceh.

Artinya indikasi air surut yang terjadi sebelum tsunami belum terdeteksi. Namun masyarakat diminta tetap waspada," tuturnya.

2 comments:

Bicara Perjuangan said...

Amaran Tsunami di Malaysia telah di tarik balik... Alhamdulillah..

Bicara Perjuangan said...

BANDA ACEH: Amaran tsunami yang dikeluarkan di sekitar Lautan Hindi ditarik balik beberapa jam selepas dua gempa bumi kuat menggegarkan perairan barat Indonesia.

Gempa bumi berukuran 8.6 dan 8.2 magnitud mencetuskan cemas petang tadi.

http://www.bharian.com.my/bharian/articles/AmarantsunamiditarikbaliksekitarLautanHindi/Article