Tuesday 15 October 2013

( VIDEO ) : KISWAH DITUKAR


Bagi yang belum tahu ternyata selimut Kabah yang berwarna hitam itu diganti setahun sekali dengan selimut baru. Unik, proses penggantiannya dilakukan saat musim haji, yakni setiap 9 Dzulhijjah saat kebanyakan jemaah haji berada di Padang Arafah.

Dulu kala Kabah tak seperti yang kita lihat sekarang, tanpa ada kain penutup. Penggunaan kiswah - selimut Kabah - mulai terjadi di bawah kepemimpinan Raja Himyar Assad dari Yaman. Tujuannya, melindungi dinding kabah dari kotoran, debu, serta panas yang bisa membuat bangunan cepat rusak. Selain itu, juga untuk hiasan agar terlihat indah.

Kiswah (arti harfiah: memakai) bobotnya  670 kilo gram dengan ukuran tinggi 14 meter dan panjang mencapai 47 meter. Kiswah terbuat dari sutera murni yang dicelup dalam warna hitam. 

Kiswah dihiasi sulaman ayat suci Alquran yang dibuat dari benang-benang emas murni. Walau teknologi mesin sudah digunakan, namun tenaga manusia masih dipakai (handmade) untuk menyulam benang emas di atas kiswah. Kita lihat saja videonya berikut.

No comments: